10 Manfaat Donor Darah yang Harus Kamu Ketahui

Sumber foto : We Heart It

Donor darah merupakan suatu upaya memberikan darah untuk orang lain yang kemudian dilanjutkan dengan proses transfusi. Ketika kamu melakukan donor (umumnya disebut pendonor), kamu dapat merasakan berbagai manfaat untuk tubuh, lho. Tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, kenali yuk berbagai manfaat donor darah untuk diri sendiri yang sayang banget jika dilewatkan! 

1. Mendeteksi Penyakit Serius

addiction consultation image

Sumber foto : We Heart It

Ketika akan mendonorkan darah, kamu akan menjalani pemeriksaan dasar seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius seperti Hepatitis B, HIV, malaria, sifilis dan berbagai penyakit lainnya. Dengan melakukan serangkaian tes tersebut, tentu manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat mendeteksi penyakit serius pada diri sendiri. Tim medis akan melihat apakah kamu menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

2. Meningkatkan Produksi Darah

totesnewsworthy, m.d., and fred pescatore image

Sumber foto : We Heart It

Manfaat donor darah terlebih secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses donor darah membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien. Kamu akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali melakukan donor darah. Hal ini merupakan langkah baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru dalam tubuhmu. Kamu tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

heart attack, heart attack prevention, and symptoms of heart attack image

Sumber foto : We Heart It

Manfaat donor darah berikutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Mengapa demikian? Karena donor darah dapat menurunkan kekentalan darah. Darah yang kental merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Hal ini sangat berpotensi terhadap serangan jantung dan stroke karena mempengaruhi kelancaran aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

weight loss surgery image

Sumber foto : We Heart It

Manfaat donor darah lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Donor darah dapat menurunkan berat badan karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya. Jika kamu melakukan donor darah secara rutin, kamu dapat mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Meski begitu harus tetap diiringi olahraga teratur dan pola makanan yang sehat, ya. Meski berat badan turun, jangan lupa bahwa nutrisi dalam tubuh harus tetap tercukupi.

5. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

healthy heart and high cholesterol image

Sumber foto : We Heart It

Melakukan donor darah memang memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh salah satunya dapat menurunkan kolesterol, lho! Ketika donor darah dilakukan, kadar zat besi yang berlebih dalam darah tidak mengendap secara terus menerus. Kelebihan zat besi dalam darah bisa berbahaya, karena hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Wah, tentu tidak ingin kan merasakan gejala kolesterol tinggi yang mengganggu kebugaran tubuh? Yuk lakukan donor darah!

6. Investasi Hari Tua

grandfather, grande, and ariana grande butera image

Sumber foto : We Heart It

Dilansir dari time.com, sebuah studi di Health Psychology, orang yang secara sukarela karena alasan altruistik (naluri menolong orang lain) untuk menolong orang lain, mengurangi risiko kematian signifikan sekitar empat tahun daripada mereka yang secara sukarela melakukannya untuk dirinya sendiri. Salah satu bentuk pertolongan untuk orang lain adalah donor darah. Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut dan ini merupakan salah satu manfaat dari donor darah yang kamu dapat dalam jangka waktu panjang. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

7. Mempercepat Proses Pemulihan Luka

acne, skin care, and beauty image

Sumber foto : We Heart It

Ketika kamu melakukan donor darah, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Jadi kamu tidak usah khawatir akan kekurangan sel darah merah, ya! Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga proses penyembuhan luka jadi lebih cepat nih jika melakukan donor darah. Tubuh memiliki sistem regenerasi yang unik. Ketika terluka, tubuh akan melakukan penyesuain diri terhadap berkurangnya sel darah merah. Fase seperti itu juga dialami ketika baru saja melakukan donor darah. Ini dia salah satu manfaat donor darah bagi pria, yaitu mampu menyembuhkan luka lebih cepat.

8. Baik Untuk Psikologis

Image by iwasalilac_sky

Sumber foto : We Heart It

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain, maka risiko kematian yang dimiliki lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali. Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri. Berbeda dengan manfaat donor darah pada kesehatan tubuh, kesehatan secara mental pun turut merasakan manfaat donor darah. 

9. Menurunkan Resiko Kanker

fitness, girl, and healthy image

Sumber foto : We Heart It

Setiap manusia memiliki kadar zat besi dalam darah dan jika zat ini terlalu berlebihan, maka dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan. Nah, dengan mengurangi kadar zat besi yang berlebih dalam tubuh dengan melakukan donor darah, risiko terkena kanker menurun. Cara menurunkan kadar zat besi dilakukan dengan donor darah. Zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan justru tidak baik untuk tubuh. 

10. Tubuh Lebih Bugar

blonde, fit, and jogging image

Sumber foto : We Heart It

Seperti yang sudah diulas di atas, melakukan donor darah memiliki banyak sekali manfaat. Tidak perlu khawatir akan kehabisan sel darah karena tubuh melakukan regenerasi sel darah secara baik. Dengan melakukan donor darah, sel-sel darah tubuh akan berganti secara efisien. Ini merupakan salah satu manfaat donor darah yang dapat kamu rasakan. Tubuh tentu akan terasa lebih bugar dengan regenerasi sel-sel pada tubuh secara rutin. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *