10 Cara Atasi Ketombe yang Alami, Ampuh dan Efektif

Sumber foto : We Heart It

Ketombe tuh betul-betul mengganggu, ya! Selain penampilan, ada rasa gatal yang timbul kalau rambut sedang berketombe. Padahal keramas rajin tapi kok ketombe tetap muncul, ya? Nah, sudah saatnya beralih tidak hanya mengandalkan shampo dan conditioner saja tapi kamu juga harus memadukannya dengan bahan-bahan alami ini agar ketombe cepat diberantas. Ini dia 10 cara atasi ketombe dengan bahan alami, ampuh, efektif pokoknya you’ll love it!

1. Jeruk Nipis

sliced lemon

Sumber foto : Unsplash.com

Siapa sangka kalau buah yang kaya akan vitamin C ini dapat kamu aplikasikan sebagai cara atasi ketombe? Jeruk nipis mengandung banyak sekali vitamin dan mineral seperti B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Nah, kandungan-kandungan tersebut dapat memperkuat dan memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Kamu cukup aplikasikan jeruk nipis ke kulit kepala lalu pijat lembut. Kemudian, bilas dengan air sampai bersih.

2. Jangan Mengikat Rambut saat Basah

woman fixing hair while standing near body of water

Sumber foto : Unsplash.com

Sering sekali tanpa kamu sadari, belum betul-betul selesai mengeringkan rambut usai keramas tetapi langsung saja diikat. Terutama bagi para wanita nih, harap hindari hal tersebut sebagai cara atasi ketombe. Mengapa demikian? Karena saat basah, rambut lebih rapuh dan mudah patah. Dengan mengikat rambut justru akan memperparah kondisi dan semakin tidak sehat untuk rambut. Jadi pastikan rambut kering sempurna dulu, ya! 

3. Minyak Kemiri

brown bottle on table

Sumber foto : Unsplash.com

Minyak kemiri sudah terkenal dengan berbagai khasiat untuk tubuh, mulai dari melebatkan alis, penyubur rambut hingga mengatasi ketombe. Minyak kemiri dapat digunakan sebagai cara atasi ketombe dengan mengaplikasikannya setiap sebelum keramas. Pastikan setelah memakai minyak kemiri, kamu menunggu terlebih dahulu selama 30 menit agar betul-betul meresap. Kemudian, keramaslah seperti biasa dengan shampo ditambah conditioner sesuai kebiasaan saja. Pastikan seluruhnya terbilas bersih lalu rasakan perbedaannya! 

4. Tomat

five tomatoes in round brown wooden platet

Sumber foto : Unsplash.com

Kandungan asam pada tomat dapat menyeimbangkan pH kulit. Nah, ketombe itu muncul karena pH kulit tidak seimbang, jadi dengan mengaplikasikan tomat maka kemunculan ketombe dapat diminimalisir. Agar lebih maksimal, tomat dicampur dengan minyak kelapa. Cara atasi ketombe yang satu ini dinilai efektif dan alami, aman untuk kesehatan rambut juga! 

5. Tea Tree OIl

white ceramic vase

Sumber foto : Unsplash.com

Minyak esensial ini mempunyai banyak banget manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari obat sariawan, menghilangkan jerawat hingga mengatasi ketombe. Wah, lengkap banget kan! Minyak tea tree mengandung senyawa yang disebut terpinen 4-ol. Tahukah apa khasiatnya? Ya, khasiatnya sangat baik untuk memberantas ketombe karena antimikroba yang kuat! Penggunaan terpinen 4-ol berkonsentrasi tinggi yang terdapat pada tea tree oil membantu menurunkan produksi ketombe serta pertumbuhan jamur di kepala. Oh iya tapi perlu diingat agar tidak mengoleskan tea tree oil langsung ke kepala, ya karena menyebabkan iritasi. Melainkan harus dicampur dengan shampo. 

6. Lidah Buaya

skin care and aloe vera gel image

Sumber foto : We Heart It

Sudah bukan rahasia lagi kalau lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya, lidah buaya tepat sebagai acara atasi ketombe. Lidah buaya dapat mengangkat sel kulit mati pada kepala serta membunuh jamur penyebab ketombe. Tidak heran kalau banyak produk shampo maupun conditioner yang mengandung lidah buaya. Kamu bisa menggunakan lidah buaya alami dengan menggunakan gel-nya, lalu diaplikasikan ke kepala. Pijat-pijat, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Minyak Serai

tea tree oil, peppermint oil, and cinnamon oil image

Sumber foto : We Heart It

Minyak serai memiliki kandungan anti bakteri dan peradangan yang bermanfaat untuk dicampurkan dengan air maupun shampo. Tentu, kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah ketombe muncul di rambut. Oh iya, sama halnya dengan tea tree oil, kamu tidak boleh langsung mengaplikasikan minyak serai ke kepala karena dikhawatirkan muncul iritasi dan alergi. Selain dicampurkan dengan sampo maupun kondisioner, kamu dapat mencampurkan tetes minyak serai dengan air. Selanjutnya, oleskan larutan ini pada kulit kepala secara rutin.

8. Baking Soda

cleaning, flowers, and itch image

Sumber foto : We Heart It

Baking soda bertindak sebagai scrub yang dapat mengeksfoliasi kulit mati di kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi. Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk membuat ketombe semakin tersamarkan dan menghilang, jadi baking soda tepat banget dikatakan sebagai salah satu cara atasi ketombe. Selain itu baking soda juga mengandung anti jamur, dapat melembutkan, dan mengurangi kemerahan pada kulit kepala. cukup dengan mencampurkannya pada shampoo yang akan dipakai.

9. Minyak Kelapa

olive oil and coconut oil image

Sumber foto : We Heart It

Minyak kelapa mengandung rantai asam lemak yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat. Oleh karena itu, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Minyak kelapa juga dikenal ampuh dalam membasmi ketombe. kandungan vitamin E pada minyak kelapa dapat menutrisi dan menjaga kesehatan rambut. Cara menggunakannya sangat mudah, ambil satu sendok makan minyak kelapa, kemudian oleskan ke kepala saat rambut dan kulit kepala kering.

10. Baby Oil

baby massage oil and baby care products image

Sumber foto : We Heart It

Baby oil dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit, salah satunya masalah kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe. Baby oil dapat melembabkan kulit kepala sehingga terhindar dari kekeringan dan masalah ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan baby oil adalah mengoleskannya secara langsung ke kulit dan akar rambut. Baby oil mudah ditemukan di banyak toko dengan brand yang bermacam-macam. Pilih saja sesuai selera!

Share